Pendidikan Teknik Bangunan (S1)

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi PTB

Sikap (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

Penguasaan Pengetahuan (P)

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran inovatif pada bidang Teknik Bangunan;
  2. Memiliki karakter dan etika sebagai professional yang bertanggung jawab;
  3. Mampu menghasilkan ide yang aplikatif dan konstruktif dalam memecahkan masalah pembelajaran maupun pekerjaan konstruksi;
  4. Mampu mengelaborasi metode penelitian yang menghasilkan pembelajaran maupun produk teknologi konstruksi yang kreatif dan inovatif;
  5. Menguasai keilmuan dasar bidang ketekniksipilan;
  6. Mampu merencanakan desain konstruksi dan properti;
  7. Mampu melaksanakan pembangunan konstruksi dan properti;
  8. Mampu mengevaluasi kegiatan pembangunan konstruksi dan properti;
  9. Memiliki kemampuan wirausaha dalam bidang konstruksi dan properti;
  10. Mampu mengembangkan diri sebagai pebelajar sepanjang hayat.

Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran inovatif pada bidang Teknik Bangunan;
  2. Mampu menerapkan karakter dan etika sebagai professional yang bertanggung jawab;
  3. Mampu memecahkan masalah pembelajaran maupun pekerjaan konstruksi;
  4. Mampu menerapkan metode penelitian yang menghasilkan pembelajaran maupun produk teknologi konstruksi yang kreatif dan inovatif;
  5. Mampu menerapkan ilmu dasar bidang Teknik sipil dalam pembelajaran maupun pekerjaan konstruksi;
  6. Mampu menghasilkan desain konstruksi dan properti;
  7. Mampu mewujudkan pembangunan hasil desain konstruksi dan properti;
  8. Mampu mengawasi kegiatan pembangunan konstruksi dan properti;
  9. Mampu menjadi wirausaha dalam bidang konstruksi dan properti
  10. Memiliki kemampuan menjadi pebelajar sepanjang hayat